Advertisements

Kenal Lebih Dalam Orang Korea!

Jpeg

Hi Hi Hi,

Kembali lagi di PaoPao’s Iyagi. Kali ini gw membahas tentang karakteristik orang Korea, bisa berupa teman atau rekan kerja. Well, gw gk akan membahas karakter baiknya, tapi mau membagi bagian2 buruknya (As gw agak susah menemukan yang baik di kebanyakan orang Korea). Hal-hal yang gw tulis disini itu berupa pengalaman pribadi gw berhubungan dengan banyak teman Korea dan tulisan disini sangat subyektif. Tapi, selama gw berdiskusi dengan orang Indonesia yang lain, mereka juga mengalami hal yang sama dengan yang gw alami. Tentunya ini bukan berarti semua orang Korea begitu, tapi kebanyakan begitu. Beberapa temen Korea gw juga setuju dengan hal yang gw ceritakan ke mereka si. Berikut adalah karakter atau sifat sifat buruk orang Korea:

  • Hal pertama adalah mereka suka mengucapkan omong kosong atau basa basi. Jangan heran kalo teman Korea kalian ada ngomong begini: “Ayo kita ketemu, udah lama ni gak ketemu, ayo kita main-main bareng”, lalu setelah 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 1 tahun, kalian tidak pernah bertemu sama sekali. Walaupun tempat tinggal kalian masih di satu kota atau satu negara (alias dekat), kalian akan tetap sulit untuk bertemu. Kenapa? Karena mereka tidak ada kepikiran bertemu kalian dan kalimat yang diucapkan itu hanya sekedar omong kosong atau basa basi. Gw bisa lebih sering ketemu teman gw yang ada di Jakarta, daripada ketemu teman gw yang ada di Incheon (kota yang sama dengan yang gw tinggal). Pengalaman selama 5 tahun tinggal di sini membuat gw jadi terbiasa akan hal itu, dan hanya menganggap kata-kata orang Korea itu hanya angin lalu. Gw hanya menganggap omongan orang Korea itu penting kalo orang Korea itu adalah teman lab gw yang gw ketemu setiap hari, Professor gw yang membimbing gw S3, dan orang Korea yang sudah terbukti tidak omong kosong (Jumlahnya mungkin di bawah 5 orang).
  • Kelanjutan dari omong kosong adalah mereka suka asal mengucap janji. Well, bisa dibilang sama aja dengan hal yang pertama, cuma kalo gw tulis lagi kepanjangan jadinya gw bagi dua d. So, salah satu contoh kasusnya adalah gini. Beberapa orang Korea pasti berpartisipasi dalam kegiatan internasional untuk membuat teman orang asing. Sebagai contoh selama 3 minggu, mereka menjadi panitia kegiatan musim panas internasional. Karena selama 3 minggu panitia dan peserta internasional tinggal bersama, maka kedekatan antara mereka selama kegiatan itu pasti terjadi. Nah, biasanya pas akhir akhir, mereka pasti akan merasa sedih berpisah dan biasanya peserta peserta kegiatan tersebut pasti akan mengundang panitia orang Korea untuk ke negaranya. Saat ini orang-orang Korea yang masih merasa dekat dengan mereka pasti akan bilang: “Iya, tahun depan gw pasti mau ke negara kalian (*sebagai contoh Malaysia atau Indonesia), pasti gw samperin kalian.” Tapi setelah 1 bulan, pikiran mereka langsung berubah dan berpikir bahwa mereka tidak ada uang, mempunyai kesibukkan sendiri, harus mencari kerja, dll. Pada akhirnya ya mereka gak ke negara peserta itu sesuai janjinya. Tapi jangan kaget kalo nantinya mereka ke negara lain yang lebih bagus seperti Eropa atau Amerika Latin beberapa saat setelah periode janjinya itu. Berdasarkan pengalaman gw, orang Korea mungkin pergi menepati janji kalo ada orang yang disuka /  pacar di negara tujuan itu.
  • Hal yang ketiga adalah biasanya orang orang Korea mencari kalo lagi membutuhkan aja. Well, ini hal yang cukup sering gw alami. Gw uda jarang kontek sama beberapa orang Korea, tapi kadang kadang gw bisa ditelpon sama mereka. Tentunya ini menjadi tanda tanya buat gw, kenapa gw bisa dicari sama orang ini. Padahal menurut gw itu mereka anggap gw hanya sebagai hyung / oppa orang asing aja gitu. Eh, begitu diterima telponnya, mereka cuma nanya nanya hal yang emang gw tau, atau mau minta gw terjemahin bahasa Korea ke Inggris (atau sebaliknya), atau minta tanda tangan gw buat hal yang mau dia ngelawan lembaga di universitas. Terus, menurut kalian, kalau gw butuh bantuan, mereka mungkin bantuin gak? Kalau merekanya itu teman lumayan dekat si masih mungkin bantuin, tapi kalau gak, mereka gak akan bantu si. Cari aja gak setelah kebutuhan mereka dipenuhi. hahaha. Gw si sudah biasa dengan hal ini, jadinya gw hanya memberikan bantuan secukupnya selama hal itu gak ngeganggu kewajiban gw sehari hari.
  • Yang terakhir yang mau gw share adalah orang Korea itu sok jadwalnya padat atau sok sibuk atau lebay sama jadwalnya. Salah satu hal yang paling gw sering dengar adalah, aduh gw sibuk belajar, gw sibuk cari kerja, gw sibuk ngapa ngapain jadi gak bisa ketemu atau apa apa gitu. Padahal mereka tetap bisa ketemu kalo mereka emank mau ngatur jadwalnya buat ketemu. Mereka juga kalo belajar, gak 100% belajar terus kok. Mereka juga kadang kadang refreshing juga. Salah satu alasan mereka begini itu mungkin karena kalian bukan prioritas di dalam hidup mereka. Yah, bisa dibilang gw gak menjadi prioritas di hidup orang orang Korea yang gw kenal si. Jadi ngapain gw jadiin mereka prioritas juga. hahaha.

Hal-hal di atas pernah gw alami semua dan mau gw bagi ke kalian jadinya gw tulis postingan ini. Ingat, gak semua orang Korea seperti itu tapi kebanyakan yang gw ketemu seperti itu. Dan hal hal tersebut bukan hanya terdapat di orang Korea aja harusnya, tentunya mungkin terdapat di orang orang negara lain termasuk Indonesia. Tapi di Korea kebanyakan seperti itu. So, apa solusinya? Cari yang jadikan lu prioritas di hidup mereka dan jadikan mereka prioritas. Gw lebih nyaman hidup gw tanpa teman teman Korea yang sering omong kosong. Untungnya di sekeliling gw masih banyak teman teman Indonesia yang asik dan tidak omong kosong. Ok d, see you di postingan selanjutnya ya. Ingat, postingan ini adalah subyektif.

Ciao

Advertisements

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cowo/Cewe Korea Cakep? – PaoPao's Iyagi
  2. Cerita di Balik International Summer School 2015 – PaoPao's Iyagi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: