Advertisements

Ngapain ya pada saat mau lulus?

Hi Hi Hi,

Akhir akhir ini gw sering dapat pertanyaan ini, baik dari orang Indonesia atau orang Korea yang ada di sekitar gw. Bisa dibilang pertanyaan ini juga merupakan hal yang gw pikirkan akhir akhir ini dikarenakan waktu kelulusan gw udah jelas. Begini nih, giliran lulusnya masih lama, maunya cepat2 lulus. Tapi giliran udah mau lulus, jadinya bingung mau ngapain. Okay, jawaban gw atas pertanyaan ini gak berlaku untuk semua orang, so gw gak menerima pro dan kontra atas tulisan yang gw buat. Pastinya ada yang setuju, dan ada juga yang tidak. Gw sudah capek juga sih mendengar ceramah agar gw berubah pikiran. Tapi ya mau gimana lagi, hidup kan hidup gw. (hidup kan hidup kalian). Lakukan yang gw (kalian) ingin lakukan. So, menurut gw kalau kalian sudah pasti lulus, sebaiknya kalian merencakan waktu kosong sekitar 6 bulan sampai 1 tahun untuk melakukan hal hal yang betul betul kalian inginkan, seperti jalan jalan / pertukaran pelajar sebelum lulus / berpetualang, dll. Sesuatu yang mungkin bisa menguras dompet kalian. Mengapa gw merekomendasikan hal ini? Karena dengan melakukan banyak hal, itu bisa mengubah cara berpikir kalian terhadap hidup kalian. Mungkin kalian masih belum tau tujuan hidup kalian itu apa sekarang tapi nanti kalian bisa menemukan tujuan hidupnya setelah berpetualang. Sebagai contoh, gw agak menyesal karena gw langsung lanjut ke S2 tanpa berpetualang sebelumnya. Alhasil gw sekarang disibukkan dengan kegiatan belajar dan penelitian. Walau gw juga bersyukur si menjalani pendidikan S2 dan S3 gw sekarang. Tapi gw merasa masih kurang melakukan banyak pengalaman pada saat gw S1.

Mengapa gw berpikiran seperti ini? Karena gw melihat banyaknya orang Korea yang melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri / keliling dunia pada saat mereka S1. Mereka mengumpulkan duit dari orang tau / kerja part time agar mereka bisa melakukan hal yang itu. Mereka melakukan semuanya pada saat itu karena mereka sudah sadar kalau mereka tidak akan bisa kemana mana lagi pada saat mereka sudah masuk kerja. Gw pikir hal yang sama juga berlaku di Indonesia dimana kita pasti punya waktu terbatas untuk melakukan hal yang ingin kita lakukan pada saat kerja / bisnis. Baru baru ini, temen Korea gw lagi bilang ke gw kalo dia mau berangkat ke Eropa dalam 2 hari tapi masih belum beli tiket. DIa tidak punya persiapan sama sekali ke Eropa, tapi dia tetap mau pergi. Alasannya karena dalam 3 minggu ke depan, dia sudah harus masuk kerja dia yang resmi. So, dia sudah pasti sulit untuk mempunyai waktu 3 minggu buat jalan jalan dan berpetualang. Bahkan senior seniornya di kantornya sudah bilang ke dia, pergunakan waktu 3 minggu ini dengan baik karena setelah itu lu gk akan punya waktu untuk menikmati duit yang lu punya. Jalan jalan keliling dunia itu merupakan pilihan yang baik  karena kalian bisa merasakan banyaknya budaya dan mungkin kalian bisa menentukan untuk bekerja di satu negara tertentu. Gak sedikit orang yang kerja di satu negara karena mempunyai takdir / ikatan pada saat jalan jalan.

Seperti yang gw bilang sebelumnya, jawaban gw itu belum tentu berlaku untuk semua orang. Ada yang mungkin melakukan dan ada yang gak mungkin melakukan. Tapi kalo kalian tanya gw mengenai hal itu, dan kalian mungkin, jawaban gw ya seperti yang di atas. Kalau kalian suka Amerika Selatan, jauh sebelum lulus kalian kumpulkanlah uang biar bisa ke Amerika Selatan. Bikin perencanaan yang baik, maka kalian bisa lakukan hal yang kalian mau. Banyak hal yang bisa kalian lihat, dibandingkan kalian hanya berada di negara kalian saja. Dengan melihat banyak hal, kalian bisa berpikir lebih terbuka dalam menghadapi masalah juga. Karena gw tidak bisa melakukan hal hal tersebut pas gw lulus S1, gw lagi berpikir untuk melakukannya pada saat gw lulus S3. Banyak si yang menentang gw dengan berbagai alasan, seperti “lu udah tua, kapan mau married?”, “lu udah tua, kapan mau kumpulin duit biar stabil?”, dll. Tapi ya, mau gimana lagi, passion gw di bepertualang. Walau, masih gw pikirkan si jalan terbaik ke depannya gimana. haha. Okay d, see you di postingan selanjutnya. Thank you udah baca opini / curhatan gw.

Ciao

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: