Advertisements

Hati-Hati Ngomongin Orang di Luar Negeri

Hi Hi Hi,

Kali ini gw mau kasih tau kalau kita harus hati hati pas ngomongin orang dengan bahasa Indonesia di luar negeri. Mengapa? Karena bisa aja orang yang kita omongin itu mengerti bahasa Indonesia atau emank orang Indonesia. Gw akan kasih tau contoh kasusnya berdasarkan pengalaman yang gw denger. Gw si belum pernah mengalaminya secara langsung. Berikut 2 kasus yang pernah gw dengar:

Kasus 1

A = Temen gw yang lagi pergi ke Jeju. B = Temennya temen gw yang lagi pergi bareng juga. C = Orang Indonesia yang diomongin di Guesthouse di Jeju. Semuanya cewe.

Jadi ceritanya, si A dan B ini pergi ke daerah Jeju (nama pulau di Korea yang terkenal dengan tourism nya) bersama sama. Mereka itu menginap di Guesthouse. Seperti Guesthouse pada umumnya, ada dapur dan ruang tamu yang dipakai bersama sama dengan penyewa kamar yang lain. Waktu si A dan B lagi di dapur, mereka melihat C lagi masak telor. Pada saat itu A dan B mengira bahwa C adalah orang dari China. Si B ini melihat kalau C itu gak bisa masak telor, jadinya B bilang ke si A : “Lihat deh si C, gak bisa masak telor, masa telornya masih basah” dengan bahasa Indonesia. Ternyata si C itu juga orang yang sama seperti yang mereka ketemu di pagi hari di sekitar guesthouse. Waktu itu si C itu lagi foto foto truk sampah yang ada di sekitar guesthouse. Melihat hal itu, si A bilang ke si B : “Dasar orang desa, gak pernah lihat truk sampah” dengan bahasa Indonesia. Jadi intinya A dan B gantian ngomongin C gitu. Eh, tiba tiba di dapur, si C samperin si A dan B terus bilang : “Eh, kalian orang Indonesia juga ya?”. Mendengar pertanyaan itu dengan bahasa Indonesia itu, si A dan B ini langsung malu. Lebih malunya lagi ternyata si B dan si C ini satu kampus dari Indonesia. Mereka sama sama datang ke Korea untuk pertukaran pelajar. Jadi selama ini A dan B ngejelekin orang yang punya hubungan dengan mereka juga.

Kasus 2

A = Temen gw (Cowo). B = Temen gw (Cewe). C,D,E = Mahasiswa dari Indonesia yang lagi ikut sekolah musim panas di kampus.

Jadi ceritanya, A dan B ini lagi jalan jalan di kampus. Terus mereka bertemu dengan C, D, E. Karena A dan B tidak mempunyai perawakan seperti orang Indonesia, tapi mereka seperti orang Korea. C, D, E jadi ngomongin si A. Gw asumsi bahwa C, D, E akan ngomongin setiap cowo Korea yang ada di sekitar mereka. Maklum, banyakan kan yang ikutan kegiatan musim panas itu demen sama cowo cowo Korea gitu. Nah, C, D, E ini ngomongin kegantengan dan kejelekan si A ini. Jadi si C bilang ke D sama E : “eh liat deh dia ganteng kan sambil ngelirik ke A”. Eh, terus si D bilang : “ganteng dari mana, jelek gitu”. Akhirnya mereka berdebat terus deh. Si A sama B walau lagi bersama, mereka diam karena mereka tau mereka yang diomongin. Mereka gak mau kalau jati diri mereka diketahui. hahaha. Terus si A dan B jalan lebih cepat, responnya C, D, E adalah : “Eh, tuh jalannya jadi cepat.” Jadinya sudah pasti kalau A dan B adalah orang yang dibicarakan C, D, E dari tadi. Akhirnya si A ini sakit hati, pas ketemu gw, dia cerita terus deh tentang itu. Karena si C, D, E ini, si A jadi berpikir untuk mengubah mukanya deh (oplas). haha.

Cerita di atas adalah kasus kasus yang pernah gw dengar. Beberapa bagian dari cerita ada yang diedit sedikit karena gw gak tau cerita aslinya (gw bukan yang mengalami). So, hati hati kita kalau ngomongin orang, banyak juga orang asing yang bisa bahasa kita. Atau banyak juga orang Indonesia yang tidak terlihat seperti orang Indonesia. See you di postingan selanjutnya.

Ciao

Advertisements

2 Comments on Hati-Hati Ngomongin Orang di Luar Negeri

  1. jadi pao A B ato C ato mana? jujur aja pao? wkawkawka

    btw pesna moralnya lebi tepatnya jgn ngomongin orang si
    “if you have nothing good to say don’t say anything ;)”

    stuju pak?

    Like

    • hahahaha. uda jujur kok.
      iya,pesan moralnya lebih baik di dalam hati aja. berpikir sebelum berbicara.^^
      tapi lucu juga kalo ada orang di sekitar yang cerita hal2 gini, jadi bahan penghidup suasana. *topik ini dibahas paling panjang pas lagi ngmpl2.

      Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: