Advertisements

Kapan Waktu Terbaik ke Korea?

Jpeg

Hi Hi Hi,

Kali ini gw mau membahas, kapan sih waktu terbaik untuk ke Korea. Pertanyaan ini sangat sering ditanyakan oleh orang orang yang ingin berpergian ke Korea. Sebetulnya waktu terbaiknya itu tergantung masing masing orang, pinginnya itu pengalaman yang seperti apa. Disini gw akan menceritakan waktu setiap musim yang menurut gw terbaik, berdasarkan pengalaman gw. Seperti yang kita ketahui, Korea mempunyai 4 musim yaitu: semi, panas, gugur, dan dingin. Setiap musim mempunyai keunikannya tersendiri karena mempunyai pemandangan yang berbeda dan festival yang bervariasi. Musim musim di Korea mempunyai periode sebagai berikut:

  • Musim Semi : Maret – Mei
  • Musim Panas : Juni – Agustus
  • Musim Gugur : September –  November
  • Musim Dingin : Desember – Februari

Gw akan membahas waktu waktu dan ciri khas tiap musimnya.

Musim Semi

Musim semi itu adalah musim peralihan dari musim dingin ke musim panas. Di awal musim semi, cuacanya masih tetap dingin. Di pertengahan musim semi, perbedaan suhu antara siang hari dan malam hari sangat besar. Terkadang kita bisa kepanasan dengan terik matahari pas siang hari, tapi pas malam hari kita membutuhkan jaket tebal agar merasa lebih hangat. Keunikan dari musim semi adalah mekarnya bunga sakura. Nah, kebanyakan orang itu berpikir bunga sakura itu mekar sepanjang musim semi. Tapi hal itu salah karena bunga sakura itu mekar sebelum tumbuhnya daun di pohon sakura. Periode mekarnya bunga sakura itu sangat singkat, yaitu sekitar 2 minggu dengan 1 minggu merupakan periode mekar sempurna. Berdasarkan pengalaman gw, periode mekarnya bunga sakura di Korea adalah dari akhir Maret sampai pertengahan April. Waktunya sangat bervariasi tergantung daerah yang dikunjungi. Di daerah Selatan seperti Jeju atau Busan mekar lebih cepat daripada di daerah utara seperti Seoul. Biasanya mekarnya bunga sakura itu ditandai dengan festival bunga sakura di setiap daerah. Dua contoh festival bunga sakura yang terkenal adalah Yeoido Cherry Blossom Festival dan Jinhae Cherry Blossom Festival. Jika kalian ingin berkunjung pas musim semi, sangat disarankan kalian menngunjungi pada saat musim sakura karena kalian akan mendapatkan suasana yang berbeda. Berikut di bawah ini adalah foto foto suasana pada saat musim sakura:

Musim Panas

Musim panas di Korea itu mirip dengan musim di Indonesia. Pada bulan Juli, akan ada musim hujan dimana hujan akan turun terus menerus. Setelah musim hujan selesai, maka cuaca akan sangat terik dan panas. Sangat tidak disarankan untuk mengunjungi Korea pada bulan Juli karena hujan akan mengganggu acara kalian. Tapi di pertengahan Juli ada satu event yang mungkin menarik buat kalian, yaitu Boryeong Mud Festival. Disini kalian bisa bermain lumpur, dan bermain sepuasnya. Musim panas di Korea adalah musim festival, dimana banyak festival yang dibuka untuk membuat masyarakat di Korea melupakan rasa panas yang ada. Biasanya festival festivalnya itu berhubungan dengan air seperti Sincheon Wake Up City Fiesta. Bagi kalian yang suka dengan festival kalian direkomendasikan untuk datang ke Korea pas musim panas sekitar bulan Agustus. Apabila kalian hanya ingin jalan jalan, dan melihat lihat saja, lebih baik kalian tunda keinginan kalian di musim gugur. Orang orang Korea biasanya mengambil cuti itu pas musim panas, jadinya jumlah orang di tempat wisata itu sangat banyak dengan didominasi turis lokal dan internasional. Gw pernah coba jalan jalan ke Jeju pas musim panas, dalam sehari gw ganti baju 3 x karena keringatan terus. Ya kalau sudah biasa dengan panas si, gak masalah juga si. Berikut adalah foto foto pas musim panas (Gak ada foto festivalnya karena gw gak pernah ikutan si. Mau ikutan tapi membutuhkan duit yang cukup besar dan teman yang sama sama mau pergi. Gak seru kalau pergi ke festival sendirian.^^):

Musim Gugur

Kalo musim semi pas sakura itu masih kedinginan, maka musim gugur di Korea itu akan berasa sejuk. Musim gugur di Korea adalah waktu yang sangat direkomendasikan buat turis asing datang. Mengapa? Karena pemandangannya lebih bagus pada saat daun daun menjadi coklat dan berguguran. Selain itu udaranya tidak begitu dingin apabila dibandingkan musim semi dan dingin, dan tidak begitu panas apabila dibandingkan dengan musim panas. Tapi perlu diketahui lagi kalau daunnya itu menjadi kuning / coklat itu hanya beberapa saat saja, mungkin 3 mingguan. Biasanya pemandangan di setiap tempat wisata akan lebih indah dengan coklatnya daun (Secara kita sudah terlalu biasa melihat daun hijau kan.^^). Gw merekomendasikan untuk datang ke Korea pada akhir Oktober sampai awal November karena berdasarkan pengalaman gw, waktu tersebut adalah waktu di saat daun berubah warna. Tapi harap hindari untuk berpergian ke gunung /  taman pada saat akhir minggu karena biasanya orang orang Korea akan pergi piknik pada periode daun berguguran. Biasanya musim gugur juga identik dengan musim kesepian, jadi harap buat yang jomblo jangan ke Korea dulu, nanti berasa tambah kesepian (Bercanda tapi sekalian curhat. hahaha). Berikut foto foto suasana musim gugur di Korea:

Musim Dingin

Musim dingin di Korea itu sangat dingin, bahkan lebih dingin dari daerah sekitarnya. Hal ini disebabkan karena angin yang bertiup di Korea. Walau suhu asli nya hanya sekitar minus 5 sampai 10, tapi suhu yang kita rasakan bisa minus 15 sampai 20 gitu. Hal ini dikarenakan anginnya berhembus sangat kencang. Sebetulnya si gak direkomendasikan pada saat musim dingin datang ke Korea karena dinginnya itu bisa menusuk tulang, membuat kulit kering dan berdarah. Oleh karena itu, akan sulit untuk kita apabila kita mau jalan jalan pas musim dingin. Selain itu, musim dingin itu tidak seperti yang kalian bayangkan. Salju itu tidak turun setiap hari pas musim dingin dan salju itu tidak selalu ada di jalan pas musim dingin. Kita bisa melihat salju terus menerus kalau kita ke gunung atau ski resort. Selain itu, kita hanya merasakan musim dingin. Terus kalau kita mau lihat salju turun gimana donk? Hanya berdasarkan keberuntungan saja. hehehe. Salju turun mungkin hanya 4-5 x dalam 1 bulan di daerah Seoul dan sekitarnya. Salju mungkin lebih sering turun di daerah Gangwon-do atau pegunungan. Apabila kalian ingin datang pas musim salju, maka kalian bisa mencoba untuk bermain ski atau snowboarding di ski resort. Atau mengikuti kegiatan festival musim dingin seperti Hwacheon Mountain Trout Ice Festival. Untuk yang ingin melihat salju turun, kalian bisa datang ke Korea pada saat akhir Desember sampai akhir Januari. Berikut adalah foto foto suasana pada saat musim dingin di Korea:

Begitulah pendapat gw mengenai waktu terbaik untuk datang ke Korea. Secara pribadi, gw lebih prefer musim gugur si, karena enak buat jalan jalan, pemandangannya bagus, dan sejuk. Waktu yang gw tampilkan disini adalah berdasarkan pengalaman gw, dan mungkin berubah sedikit demi sedikit dikarenakan global warming ya. Biasanya musim semi dan musim gugur jadi lebih pendek daripada tahun tahun sebelumnya. Semoga postingan ini jadi referensi yang bagus bagi yang mau menentukan jadwal jalan jalan ke Koreanya. See you di postingan selanjutnya.

Ciao

Advertisements

22 Comments on Kapan Waktu Terbaik ke Korea?

  1. terima kasih sharingnya.. mau nanya, untuk pertengahan maret kisaran suhunya sudah berapa ya? kira2 2-3 lapis saja cukup? saya berencana ke korea di bulan itu.. sblmnya di bulan oktober 2015 saya juga ke sana dan 2 lapis sudah cukup.. apakah suhunya kurang lebih sama? kemudian ada rkeomendasi tempat main ski yg jaraknya dekat seoul (supaya bisa pulang pergi) dan harganya relatif tidak terlalu mahal? terima kasiih.. 🙂

    Liked by 1 person

    • kalau untuk pertengahan maret itu suhunya kira kira di bawah 10 derajat si masih. biasanya untuk orang indonesia butuh 3 lapis. pertengahan maret itu suhunya mirip sama pertengahan november biasanya.

      untuk tempat main ski, biasanya yang jaraknya dekat dari seoul adalah vivaldi park atau elysian. tapi untuk pertengah maret, biasanya sudah tutup karena tidak ada salju lagi. 🙂

      semoga dapat membantu.

      Liked by 1 person

  2. Thanks untuk infonya.
    Tadinya rencana mau kesana pertengahan-akhir nivember. Tapi ternyata belum ada salju ya klo di bulan itu?
    Pengen liat salju di korea tapi gak pengen yang masih awal-awal banget karena pasti bakal ekstrim ya dinginnya.

    Liked by 1 person

    • Kalau pengen salju, tengah-akhir desember memungkinkan. masih belum begitu dingin, tapi jarang munculnya.

      Kalau bulan januari biasanya sering turun salju, tapi ekstreme dinginnya.

      Mungkin bisa dicoba juga akhir febuari begitu udah mau akhir2 musim salju. 🙂

      Liked by 1 person

  3. Anak-anak pengen main salju, emaknya pengen liat romantisnya musim gugur di nami island :(. Minta saran nya donk…. klu akhir november dapat ga ke 2-2 nya ?….area ski sudah ada saljunya kah di akhir november ? terutama di vivaldi. Trimaksih sebelumya 😀

    Liked by 1 person

    • Area ski itu biasa buka bulan november akhir, saljunya masih buatan.
      Tapi untuk november akhir sudah tidak mungkin terlihat adanya daun daun yang berguguran.
      Daun yang berguguran biasa akhir oktober atau awal november.
      Jadi menurut saya si tidak mungin mendapatkan dua duanya kalau dalam waktu yang singkat. 🙂

      Liked by 1 person

  4. Terimakasih atas jawabannya, sangat membantu sekali. Sekalian donk request info untuk kawasan tempat makanan, terutama makanan halal dan cara mengakses tranportasi. 😀

    Liked by 1 person

  5. halo selamat siang, saya punya rencana untuk ke korea saat musim dingin. rencananya akan disana 8 hari 7 malam. Sebaiknya saya hanya jalan-jalan di seoul saja atau mengunjungi kota lain seperti daegu dll? Kira-kira kalau ke kota lain budgetnya akan lebih besar jauh dari yang hanya jalan-jalan di seoul saja? terimakasih 🙂

    Liked by 1 person

    • Selamat siang.
      Untuk musim dingin, akan lebih bagus kalau ke daerah gangwon untuk menikmati salju di pegunungan.
      Daegu bukan kota wisata, sehingga kurang begitu bagus dikunjungi.
      Mungkin bisa mampir ke Gwangju yang merupakan kota budaya, atau ke Jeonju.

      Untuk budget ke kota lain, biasanya transportasi yang agak mahal dan kurang nyaman. Tapi untuk tempat tinggal / makanan, biasanya lebih murah dari Seoul. 🙂

      Liked by 1 person

  6. Alhamdulillah.. terima kasih sharing dam diskusinya.. 14-23 maret kemarin saya ke korea.. akhirnya kami ke woongjin playdoci, tempat main ski indoor.. ada 3 track, untuk sliding dgn board, sliding dengan ban dan ski itu sendiri.. karena low season jd harganya lbh murah dan tidak ramai.. sangat puas untuk wahana slidingnya.. mungkin bisa dicoba untuk yg mau main ski di tanggal2 yang tidak ada saljunya..

    Like

    • sama sama 🙂
      Iya, di woongjin memang ada yang buat main ski si. cuma saya belum pernah ke sana juga. mungkin lain x. hehe

      Like

  7. Halo, aku ada rencana mau ke seoul pada musim gugur, apa akhir oktober-awal november juga waktu yang pas buat liat danpung? Soalnya kan wilayah korea sebelah selatan dan sebelah timur ada selisih cuacanya. Terima kasih

    Like

    • Awal november waktu yang pas buat liat daunnya pas ke seoul si. Tapi perlu diketahui, biasanya suhu pas siang dan malam beda jauh. Malamnya bisa dingin banget. 🙂

      Like

  8. halo kak , boleh minta saran ga ,
    aku mau ke korea di waktu kapan biar dapet musim dingin dan musim semi pas bunga sakura? atau kalo mau main ski di indor aja trus aku kesana pas sakura total ya? bagus nya gimana kak??

    Like

    • gak mungkin bisa si kalo mau musim dingin dan musim semi pas sakura. Kalau mau main salju + bunga sakura, lebih baik datang awal april lalu pergi main ski indoor di daerah gyeonggi do kalau gak salah 🙂

      Like

  9. mau nanya kak, saya rencana ke korea pas musim dingin nih dan tahun baruan di sana. kira tempat yang bagus dikunjungi pas akhir desember sampai awal januari ke mana aja ya? kalau bisa jangan yang extreme juga dinginnya.

    Like

  10. kak mau nanya, saya rencana ke korea nih akhir tahun ini sama tahun baruan di sana, berarti kan musim dingin ya? ada
    saran tempat wisata apa aja yang bagusnya didatengin pas musim dingin ngga? makasi

    Like

    • hengelpao // May 29, 2018 at 8:55 pm // Reply

      Untuk musim dingin, pilihan tempat wisatanya sangat terbatas karena biasanya orang jarang keluar karena sangat dingin. Biasanya orang-orang ke ski-resort untuk bermain ski atau snowboard. selain itu, mungkin bisa ke mount seorak melihat gunung yang bersalju, ke daerah utara korea si biasanya. 🙂

      Like

  11. Filasafia Marsya // June 29, 2018 at 6:59 am // Reply

    kak bulan agustus ini aku rencananya mau ke korea, tp setelah aku baca2 itu pas summer ya… panas bgt ga kak disana? apakah cerahnya/mataharinya bikin kulit gosong gitu atau sekadar panas udaranya aja? trs outfitnya mending pake yg kyk gimana ya kak? apakah kind of t-shirt aja? maaf sebelumnya blm pernah ke sana. thank you kak

    Like

  12. Astri Elviani // February 15, 2019 at 3:24 pm // Reply

    hallo kak aku rencana tanggal 6-11 di korea, kira2 tempat ski masih buka gak ya? mau banget main salju tapi dapet tiket tanggalnya udah mau pertengahan maret hiksss

    Like

    • halo.. itu bergantung musim si. kalau memang uda gak ada salju, biasanya uda tutup.
      tanggal segitu si biasanya masih ada beberapa tempat yang buka tapi di ujung atas biasanya.

      Like

1 Trackback / Pingback

  1. Mau Lihat Sakura di Korea? – PaoPao's Iyagi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: