Advertisements

Jalan Jalan ke Vietnam (Part 1)

Hi Hi Hi,

Di postingan ini, gw akan share tentang pengalaman gw menjelajahi Vietnam dari atas (utara) sampai bawah (selatan) selama 8 hari. Well, gw gak menyarani untuk mengikuti itinerary yang gw buat karena menurut gw ini terlalu padat jadwalnya dan mahal. Di Vietnam banyak yang bisa dilakukan dan dijelajahi tapi jadwal gw terbatas karena gw udah beli tiket masuk dan keluar Vietnam sebelum mengatur jadwal dan mencari tahu ada apa aja di Vietnam. Di postingan ini, gw cuma akan share pengalaman gw yang padat ini. Sebelum cerita detilnya, berikut adalah itinerary gw:

• 24 Juli
  • 31 Juli
  • 1 Agustus
    • Berangkat dari Ho Chi Minh City

Kebanyakan dari jadwal gw adalah motorbike tour. Mengapa? Karena Vietnam itu sama seperti Indonesia dimana transportasi umum itu tidak nyaman dan jalan jalan sendirian bisa menjadi mangsa pencuri. Walau gw terlihat gembel pada waktu jalan jalan, tapi gw tetap berhati hati merencanakan itinerarynya. Tambahan lagi, di kota besar seperti Hanoi dan Ho Chi Minh City, kita bisa menggunakan Uber atau Grab untuk berpindah tempat. Gw si menyarankan menggunakan Uber untuk transport dari airport ke hotel.

Sebelum gw melakukan tur pertama, gw bertemu dengan temen Indonesia gw yang saat ini sedang menempuh S2 di Korea. Dia juga lagi di Vietnam bersama orang tuanya. Jadi, kita menyempatkan diri untuk bertemu dan menikmati beer Vietnam yang terkenal sangat murah. Kita tinggal di daerah yang namanya Old Quarter, dimana pusat turis itu berada disitu. Di daerah ini terdapat namanya Beer Corner dimana banyak kafe kafe atau restoran yang menjual beer lokal Vietnam dengan harga murah. Sekedar pemberitahuan, daerah di Hanoi banyak disebut dengan nama Quarter atau Corner.

Tur pertama yang gw jalani pada saat di Vietnam adalah Halong Bay Cruise. Halong Bay sangat terkenal dengan scenery yang indah yang terdiri dari gunung gunung di tengah lautan. Untuk menikmati keindahan Halong Bay, kita dapat mengambil pake cruise yang ditawarkan. Ada banyak perusahaan travel yang menawarkan paket paket cruise. Ada yang 2 hari 1 malam, ada pula yang 3 hari 2 malam. Setiap cruise mempunyai aktivitas yang berbeda seperti kayaking, berenang di pantai, hiking, masuk ke gua, cooking class, dan lain lain. Kapal dan fasilitas yang diberikan itu sesuai dengan budget yang kita keluarkan. Untuk perjalanan kali ini, gw mencoba mengambil pake dari Bhaya Cruise. Paket ini termasuk paket luxury dari Halong Bay Cruise. Nah, bagi kalian yang jalan jalannya sendirian atau hanya bersama teman saja, gw menyarankan jangan mengambil paket paket luxury. Lebih baik kalian mengambil paket yang budget (mungkin agak sedikit tidak nyaman), tapi kalian akan menemukan banyak teman baru dan bisa bermain bersama. Salah satu kejadian lucu adalah pada saat dinner course dimana semuanya berpasangan atau bersama keluarga, dan gw hanya sendirian menunggu makanan sambil mengantuk. haha. Untuk paket paket Halong Bay Cruise, kalian dapat menanyakan kepada guesthouse yang kalian tempati di Hanoi. Biasanya mereka akan menyediakan paket paket tur yang bervariasi. Tentunya kalian harus cari guesthouse atau hotel yang kualitasnya cukup baik.

Setelah selesai mengikuti Halong Bay tournya, gw kembali lagi ke Hanoi. Untuk shuttle bus dari Halong Bay ke Hanoi biasanya disediakan oleh perusahaan cruisenya tapi ada biaya tambahan. Untuk kalian yang ingin lebih menikmati suasana alamnya, kalian bisa mencoba untuk menyebrang ke pulau terbesar di Halong Bay yaitu Cat Ba sebelum balik ke Hanoi. Setelah kembali ke Hanoi, gw mengikuti dua motorbike tour pada malam dan pagi hari. Pada malam hari, gw mengikuti motorbike food tour dimana gw melakukan sightseeing ke beberapa tempat terkenal di Hanoi seperti Opera House, Hanoi Cathedral, Long Bien Bridge, dll. Selain itu, gw juga menikmati makanan khas Hanoi seperti Bun Cha. Gw cuma mengingat Bun Cha karena gw mampir ke restoran yang didatengi oleh Obama pada kunjungannya ke Hanoi. Dan gw juga memakan set yang dipesan oleh Obama. Untuk makanan Vietnam yang lain, gw gak tau juga namanya. hahaha. Lalu gw juga mencicipi kopi susu dengan telur yang menurut gw sangat enak. Lalu perjalanan ditutup dengan mengunjungi salah satu bar yang cukup terkenal di Hanoi.

Pada pagi harinya, gw mengikuti motorbike city tour, dimana gw bersama dua orang dari Inggris mengikuti tur bersama. Kita mengunjungi tempat tempat terkenal juga di Hanoi, dan beberapa tempat yang cukup bagus dan berlokasi agak jauh dari pusat Kota seperti vihara dan kelenteng. Perjalanan ditutup dengan makan siang bersama di restoran makanan Vietnam. Setelah selesai makan, gw baru sadar ternyata restorannya berada di Beer Corner yang gw samperin pas hari pertama gw tiba di Hanoi.

Begitulah cerita singkat dan padat hari hari awal gw di Vietnam. Tadinya gw pingin sharenya dalam 1 postingan tapi terlalu panjang sepertinya. So, gw akan share perjalanan dan foto foto gw di Nha Trang dan Ho Chi Minh City di postingan selanjutnya. See you.

Ciao

Advertisements

1 Comment on Jalan Jalan ke Vietnam (Part 1)